Penganugerahan Siddhakarya, bukti nyata Produktivitas Perusahaan di Kepulauan Riau


Posted on December 17, 2022 at 13:27:41 WIB


Pemerintah Provinsi Kepulauan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberikan Penghargaan Produktivitas Siddhakarya Provinsi Lampung Tahun 2022 kepada sejumlah perusahaan di Kepulauan Riau. Penghargaan Siddhakarya merupakan bentuk penghargaan pemerintah kepada perusahaan yang berhasil mempertahankan bahkan mampu meningkatkan produktivitasnya selama 3 tahun terakhir berturut-turut, yaitu tahun 2019, 2020 dan 2021.

“Saat ini kondisi pertumbuhan ekonomi makin membaik, namun inflasi juga mulai merambat, untuk itu kita semuanya perlu berperan dan berkolaborasi. Penghargaan yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada seluruh perusahaan yang turut berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi Kepri,” demikian pesan dari Bapak Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Adi Prihantara, MM. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa perusahaan harus semakin Produktif dan Unggul. Provinsi beserta Bupati dan Walikota membina seluruh perusahaan di wilayahnya untuk menjadi unggul dan produktif.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada para penerima Penghargaan Siddhakarya, sekaligus berharap agar perusahaan yang menerima Penghargaan Siddhakarya semakin berkembang dan mampu memotivasi perusahaan lain untuk terus berkarya ditengah berbagai tantangan.

Hadir mewakili Direktur Jenderal Bina Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI, Bapak Sumarno, S.Pd, MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa penilaian SIMPPRO (Sistem Informasi Manajemen Peningkatan Produktivitas) terdiri dari 7 elemen yaitu (1) Kepemimpinan, (2) Perencanaan Strategik, (3) Fokus pada Sumber Daya Manusia, (4) Fokus pada Pelanggan dan Pasar, (5) Data, Informasi dan Analisis, (6) Manajemen Proses, (7) Hasil Usaha dan (8) Produktivitas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau, Ir. Mangara, M. Simarmata, M.AP dalam laporannya menyampaikan terdapat empat perusahaan besar dan 2 perusahaan kecil yang memenuhi kriteria Unggul dan meraih penghargaan produktivitas, yaitu:

PT. ESCO BINTAN INDONESIA

PT. MITRA ENERGI BATAM

PT. BATAM SEHAT MADANI (RS GRAHA HERMINE)

PT. ECOGREEN OLEOCHEMICALS

CV. TOTELES GLOBAL JAYA

PT. KREDIBEL INTERNASIONAL SERVIS


Pemberian penghargaan ini, diharapkan menjadi suatu bentuk kepedulian agar standar dan kualitas berlaku dan tetap dipertahankan oleh perusahaan untuk membangun dan mencapai suatu kualifikasi perusahaan yang mengglobal. Berikutnya perusahaan yang telah meraih Siddhakarya dapat mengikuti Seleksi Penghargaan Paramakarya di tingkat nasional yang akan diselenggarakan setiap tahun ganjil.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau juga membacakan naskah pengukuhan untuk Forum Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Riau dan menyerahkan penghargaan LKS Bipartit.

Saatnya bekerja dengan aksi nyata, saling bahu-membahu tingkatkan produktivitas menuju Indonesia Emas 2045.

Posted by admin