Menaker lakukan Kick off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022, dukung 5 Destinasi Wisata Super Prioritas


Posted on August 21, 2022 at 08:09:19 WIB


Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah secara resmi melakukan Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022 pada Sabtu (20/8/2022) di Danau Toba Medan, Sumatera Utara. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa pengembangan 5 DWSP merupakan salah satu program unggulan pemerintah pada sektor pariwisata. Adapun salah satu bagian penting dari pengembangan 5 DWSP, yaitu penyiapan SDM pariwisata di Destinasi Wisata Super Prioritas (DWSP), yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang, dan Labuan Bajo.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau dan peserta pemagangan dalam negeri secara online melalui zoom meeting yang dipusatkan di dua perusahaan yaitu PT. Citra Tubindo, Tbk dan PT. DSAW.

 

"Penyiapan SDM pariwisata ini sebagai unsur terpenting dalam meningkatkan kualitas produk dan jasa layanan yang mumpuni," ucap Menaker.

 

Menaker pun berpesan 3 hal agar kualitas SDM Pariwisata semakin meningkat, yaitu tata cara pelayanan yang berkaitan dengan bervariasinya kegiatan pariwisata,  penggunaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan dalam bidang pelayanan, dan pengembangan sikap, perilaku, sopan santun, dan sebagainya.

 

Lebih jauh Menaker mengemukakan bahwa pada tahun 2022, Kemnaker telah melaksanakan program pemagangan yang difokuskan di 5 DWSP sebanyak 500 orang yang dilaksanakan di 62 perusahaan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan melalui virtual mengapresiasi  Menaker yang senantiasa mengupayakan agar tenaga kerja Indonesia memiliki kompetensi. Pasalnya, untuk menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 harus ditopang oleh SDM yang mumpuni dan berdaya saing tinggi.

 

"Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan dalam menyiapkan tenaga kerja muda melalui pelatihan vokasi dan pemagangan yang ditandai dengan pelaksanaan Kick Off Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2022, khususnya Pemagangan di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas," kata Menko Maritim, Luhut.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau memberikan pengarahan pada peserta pemagangan di PT. DSAW, agar peserta pemagangan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan meningkatkan skill, serta memperbaiki sikap kerja agar terbentuk tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku kerja yang baik. Harapannya pasca pemagangan, perusahaan dapat merekrut peserta yang memenuhi kualifikasi perusahaan.

 

Sebagai Provinsi dengan indeks kesempatan kerja tertinggi, putra putri Kepulauan Riau hendaknya bisa membuktikan diri memiliki kompetensi dan daya saing produktifitas yang tinggi.

 

Sumber : kemnaker.go.id

Posted by admin