SELEKSI DAERAH CALON KOMPETITOR ASEAN SKILLS COMPETITION (ASC) XIII PROVINSI KEPRI TAHUN 2022


Posted on August 08, 2022 at 09:00:08 WIB


SDM  merupakan  salah   satu  faktor  kunci  dalam  tuntutan   globalisasi,  yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi yang selama ini cenderung terabaikan. Realitas globalisasi yang   demikian   membawa   sejumlah kendala  bagi   pengembangan   SDM   di Indonesia

Oleh karena itu, upaya meningkatkan daya saing dan membangun keunggulan kompetitif   bagi   SDM   Indonesia   tidak   dapat   ditunda-tunda   lagi   dan   sudah selayaknya  menjadi  perhatian  berbagai  kalangan,  bukan  saja  bagi  pemerintah, lembaga pendidikan dan pelatihan, tetapi juga bagi industri, asosiasi profesi serta anggota masyarakat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi adalah membangun budaya kompetensi kerja.  Kompetensi kerja merupakan kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang di tetapkan.

ASEAN Skills Competition yang disingkat menjadi ASC, adalah Kompetisi keterampilan  antar  negara-negara  anggota  ASEAN,  yang  pelaksanaanya setiap 2 tahun sekali. Namun karena adanya Wabah Covid 19 kemarin, maka pelaksanaan diundur sampai akhirnya baru bisa dilaksanakan sekarang ini. Tujuan diadakannya seleksi daerah ASC ini  adalah  sebagai  salah  satu  upaya  untuk  mendapatkan calon-calon kompetitor ASC  yang merupakan SDM berkualitas, dengan memenuhi standar melalui prosedur dan tata kerja yang terencana, terkoordinir, dan terdokumentasi dengan baik.

Oleh karena itu peranan lembaga pendidikan dan   pelatihan   dalam   mempersiapkan   tenaga-tenaga   kerja   yang   kompeten menjadi sangat strategis. Pendidikan dan pelatihan merupakan kegiatan investasi masa depan, dimana semua sector sangat berkepentingan, karena membutuhkan kualitas SDM yang unggul baik dalam kapasitas penguasaan ilmu pengetahuan  dan  teknologi  (IPTEK)  maupun  sikap  mental,  sehingga  dapat menjadi   subyek   atau   pelaku   pembangunan   yang   handal.   

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau, bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI, menyelenggarakan Selekda ASC bertempat di SMK 1 Kota Batam dengan dua bidang loma kejuruan yaitu CNC Maintenance dan Industrial Automation pada tanggal 26-28 Juni 2022.

Adapun pemenang ASEAN SKILLS COMPETITION (ASC) XIII Di Provinsi Kepulauan Riau :

Jurusan Industrial Automation:

  • Peringkat I: Fauzan Azim (Politeknik Batam)
  • Peringkat II: Wildan Maulana (SMKN I Batam) dan
  • Peringkat III: Widia Sari Ritonga (SMKN I Batam)  

Jurusan CNC Maintenance:

  • Peringkat I: Muhammad Dimas A/ Naufal Rifqi TH (SMKN I Batam)
  • Peringkat II: Rizki Ade Putra/ Muhammad Rafi (SMKN I Batam)  
  • Peringkat III: Esa Ofandra/ Fernando Attamirano Sirait (SMKN I Batam)  

Dalam sambutan penutup, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kepulauan Riau mengucapkan selamat kepada para pemenang dan seuruh peserta yang lain, agar tetap semangat dan memanfaatkan berbagai ajang kompetisi dalam rangka mengkatkan daya saing bangsa. Tetap junjung tinggi sportivitas dan berikan yang terbaik buat negara kita, demikian pesan beliau.

 Para pemenang akan segera mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Nasional pada bulan September 2022. Semoga perwakilan dari Provinsi Kepulauan Riau menjadi juara dan dapat mewakili Indonesia pada ASC Internasional di Singapura pada tahun 2023 mendatang.

Posted by admin