Latih Pencaker Lokal, PT. DSAW Manfaatkan Program Pelatihan Berbasis Penempatan


Posted on July 24, 2022 at 00:03:50 WIB


Ruangan training berukuran sedang di PT. DSAW (Dwi Sukses Arca Waja) meriah dan semarak. Suara para Grinder yang membawakan yel penuh semangat menyiratkan harapan akan masa depan yang lebih baik bagi mereka. Para pencari kerja yang dilatih langsung oleh para instruktur di lokasi industri dan akan segera ditempatkan di PT. DSAW.

Pada hari itu Selasa, 28 Juni 2022 dilaksanakan Acara Penutupan Pelatihan Gerinda Batch IV Berbasis Kompetensi Program Gerinda, kerja sama antara PT. DSAW dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang. Empat angkatan telah dilatih dengan jumlah 16 orang per Angkatan dengan durasi pelatihan selama 10 hari selama tahun 2022, sehingga total pencari kerja yang dilatih dan ditempatkan adalah sebanyak 64 orang.

Hadir dalam acara tersebut selaku penyelenggara adalah PT. DSAW dan BPVP Padang serta tamu undangan yaitu perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau, Disnaker Kota Batam, FKJP (Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan), HILLSI (Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia) dan API (Asosiasi Pengelasan Indonesia).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BPVP Padang (Bpk. Yandri) menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. DSAW yang telah bersedia bekerjasama dalam program ini, dan berbagai program pelatihan DUDI akan berlanjut sesuai dengan kebutuhan industry. Kepada para peserta pelatihan, diingatkan agar menjaga sikap dan perilaku dengan budaya kerja yang baik. "Manfaatkan kesempatan yang baik ini untuk menunjukkan bahwa putra daerah juga bisa berprestasi, bekerja dengan baik dan memiliki sikap kerja yang baik", demikian pesan beliau kepada seluruh peserta pelatihan.

PT. DSAW berlokasi di Kawasan industry Kabil, telah berdiri sejak 1995 untuk memproduksi pipa baja berdiameter besar dan tubular struktural. Saat ini berbagai proyek internasional sedang dikerjakan dan PT. DSAW menjadi pemasok utama di Indonesia.

Dalam rangka mensukseskan rogram pemerintah untuk menekan angka pengangguran di Provinsi Kepulauan Riau, PT. DSAW telah bekerja sama dengan BPVP Padang untuk melaksanakan pelatihan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sebanyak 4 angkatan untuk program gerinda. Para pencari kerja dilatih terlebih dahulu oleh instruktur di perusahaan untuk memenuhi kompetensi dan kualifikasi yang dibutuhkan, untuk selanjutkan direkrut sebagai karyawan bagi yang memenuhi kualifikasi.

Kesenjangan antara ketersediaan SDM dengan kebutuhan skill dunia industry memang cukup jauh. Sehingga berkembang sebuah pameo di kalangan pemerhati ketenagakerjaan. "Para pekerja susah cari kerja, tapi pengusaha bilang susah cari karyawan." Beberapa program pemerintah diantaranya Pelatihan DUDI dan Pemagangan Dalam Negeri berusaha menjawab kesenjangan ini. Untuk itu kontribusi dan kesediaan dari perusahaan sangat diharapkan untuk ikut meningkatkan kompetensi SDM pencari kerja di Indonesia, khususnya Provinsi Kepulauan Riau.

Mari Bersama berjuang untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Latih Pencaker Lokal, PT. DSAW Manfaatkan Program Pelatihan Berbasis Penempatan", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/dewimulyani7979/62c9383351d7641b1d524202/latih-pencaker-lokal-pt-dsaw-manfaatkan-program-pelatihan-berbasis-penempatan

Kreator: Dewi Mulyani

Posted by admin